Sabtu, 04 Februari 2012

Puss in Boots


Once upon a time . . . a miller died leaving the mill to his eldest son, his donkey to his second son and . . . a cat to his youngest son.
"Now that's some difference!" you might say; but there you are, that's how the miller was! The eldest son kept the mill, the second son took the donkey and set off in search of his fortune . . . while the third sat down on a stone and sighed, "A cat! What am I going to do with that?"
But the cat heard his words and said, "Don't worry, Master. What do you think? That I'm worth less than a half-ruined mill or a mangy donkey? Give me a cloak, a hat with a feather in it, a bag and a pair of boots, and you will see what I can do."
The young man, by no means surprised, for it was quite common for cats to talk in those days, gave the cat what he asked for, and as he strode away, confident and cheerful. the cat said. "Don't look so glum, Master. See you soon!" 



Swift of foot as he was, the cat caught a fat wild rabbit, popped it into his bag, knocked at the castle gate, went before the King and, removing his hat, with a sweeping bow, he said: "Sire, the famous Marquis of Carabas sends you this fine plump rabbit as a gift."
 "Oh," said the King, "thanks so much."
"Till tomorrow," replied the cat as he went out. And the next day, he came back with some partridges tucked away in his bag. "Another gift from the brave Marquis of Carabas," he announced.
The Queen remarked, "This Marquis of Carabas is indeed a very courteous gentleman."
In the days that followed, Puss in Boots regularly visited the castle, carrying rabbits, hares, partridges and skylarks, presenting them all to the King in the name of the Marquis of Carabas. Folk at the palace began to talk about this noble gentleman.
"He must be a great hunter," someone remarked.
"He must be very loyal to the King," said someone else.
And yet another, "But who is he? I've never heard of him."
At this someone who wanted to show people how much he knew, replied, "Oh, yes, I've heard his name before. In fact, I knew his father."
The Queen was very interested in this generous man who sent these gifts. "Is your master young and handsome?" she asked the cat.
"Oh yes. And very rich, too," answered Puss in Boots. "In fact, he would be very honoured if you and the King called to see him in his castle."
When the cat returned home and told his master that the King and Queen were going to visit him, he was horrified. "Whatever shall we do?" he cried. "As soon as they see me they will know how poor I am."
"Leave everything to me," replied Puss in Boots. "I have a plan."
For several days, the crafty cat kept on taking gifts to the King and Queen, and one day he discovered that they were taking the Princess on a carriage ride that very afternoon. The cat hurried home in great excitement.
"Master, come along," he cried. "It is time to carry out my plan. You must go for a swim in the river."
"But I can't swim," replied the young man.
"That's all right," replied Puss in Boots. "Just trust me."
So they went to the river and when the King's carriage appeared the cat pushed his master into the water.
"Help!" cried the cat. "The Marquis of Carabas is drowning."
The King heard his cries and sent his escorts to the rescue. They arrived just in time to save the poor man, who really was drowning. The King, the Queen and the Princess fussed around and ordered new clothes to be brought for the Marquis of Carabas.
"Wouldn't you like to marry such a handsome man?" the Queen asked her daughter.
"Oh, yes," replied the Princess.
However, the cat overheard one of the ministers remark that they must find out how rich he was.
"He is very rich indeed," said Puss in Boots. "He owns the castle and all this land. Come and see for yourself. I will meet you at the castle."
And with these words, the cat rushed off in the direction of the castle, shouting at the peasants working in the fields, "If anyone asks you who your master is, answer: the Marquis of Carabas. Otherwise you will all be sorry."
And so, when the King's carriage swept past, the peasants told the King that their master was the Marquis of Carabas. In the meantime, Puss in Boots had arrived at the castle, the home of a huge, cruel ogre.
Before knocking at the gate, the cat said to himself, "I must be very careful, or I'll never get out of here alive."
When the door opened, Puss in Boots removed his feather hat, exclaiming, "My Lord Ogre, my respects!"
"What do you want, cat?" asked the ogre rudely.
"Sire, I've heard you possess great powers. That, for instance, you can change into a lion or an elephant."
"That's perfectly true," said the ogre, "and so what?"
"Well," said the cat, "I was talking to certain friends of mine who said that you can't turn into a tiny little creature, like a mouse."
"Oh, so that's what they say, is it?" exclaimed the ogre.
The cat nodded, "Well, Sire, that's my opinion too, because folk that can do big things never can manage little ones."
"Oh, yes? Well, just watch this!" retorted the ogre, turning into a mouse.
In a flash, the cat leapt on the mouse and ate it whole. Then he dashed to the castle gate, just in time, for the King's carriage was drawing up.
With a bow, Puss in Boots said, "Sire, welcome to the castle of the Marquis of Carabas!"
The King and Queen, the Princess and the miller's son who, dressed in his princely clothes, really did look like a marquis, got out of the carriage and the King spoke: "My dear Marquis, you're a fine, handsome, young man, you have a great deal of land and a magnificent castle. Tell me, are you married?"
"No," the young man answered, "but I would like to find a wife."
He looked at the Princess as he spoke. She in turn smiled at him. To cut a long story short, the miller's son, now Marquis of Carabas, married the Princess and lived happily with her in the castle. And from time to time, the cat would wink and whisper, "You see, Master, I am worth a lot more than any mangy donkey or half-ruined mill, aren't I?" 

Cerita Rakyat-English version

Buat temen temen yang bingung nyari cerita untuk pengambilan nilai story telling, ini ada kumpulan cerita rakyat versi bahasa Inggrisnya klik aja langsung di http://ceritarakyat.50webs.com selamat mencari! :))

Jumat, 03 Februari 2012

Surat Pembaca, Foto copyan, dan Kantor pos

Kemaren dan kemarennya lagi adalah hari rabu, tanggal 1 Februari 2012 yang sangat sangat absurd.
Jadi ceritanya gini, waktu hari sebelumnya (Selasa), guru bahasa Indonesia nyuruh buat surat pembaca,  terus dikirim lewat pos ke alamat sekolah *-_- trus katanya yang paling cepet sampe ke gurunya, dia dapet nilai 99 halamaaak. gua pun berfikir gimana caranya buat dikirim hari itu juga, tapi nyatanya gak mungkin..... pulang sekolah gue mesti les dan gaada waktu buat mampir kantor pos dan beli amplop perangko sekalian -__-
yaudah, akhirnya gua memutuskan keesokan harinya beru ngirim bareng sama 2 temen gue yang cabi cabi satu cewe satu cowo dan dua duanya rada aneh hehe *gasebutnama*
datanglah hari rabu...
Besok paginya ceraah bukan main, awalan yang baik di hari pertama bulan februari.
Nah, langsung aja ke pulang sekolah.
ketika bell berbunyi, gua dan kawan kawan langsung berangkat biar ga telat, soalnya takut kantor pos tutupnya cepet. bergegaslah kami...... dan turun di depan gang rumah gue. ohyaa, temen gue yang cabi tapi cewek  *sebut aja "s" belom nge-print suratnya, yaudah kan tuh kita temenin, sekalian gue mau beli parangko dan amplop. saata nyampe tukang fotocopy yang ga jauh dari depan gang, gua langsung nanya ke abang abangnya yang dari gelagatnya sedikit mencurigakan....
gue : "bang, beli amplop dong. satu berapa?" (masang tampang ngajak becanda)
gue : "hah? dua ribu lima ratus?" karna gue sebelumnya ngeliat sikap abangnya yang agak mencurigakan, maka saat itu gua nganggep kalo abangnya ngajak becanda. makanya gua ga ngerti ngerti apa yang dia maksud. padahal sebenernya gue ngerti (?)
abangnya : "dua, lima ratus"
gue : "iya, dua? lima ratus?" (masih ga connect)
abangnya : (dengan wajah sabar yang seperti gaada abisnya) "beli lima ratus, dapet dua. gimana sih nih?" (sambil menggumam cengar cengir gajelas yang sedikit bikin gue pengen......nangis)
gue : "oh? hahahahahahahahahahahahahahaha" (meledaklah ketawa gue yang agak gak niat itu buat nutupin malu)
cabi cowok (p) : "dih, gajelas lu mir"
gue : (berenti ketawa) (ngosngosan) "yaudah bang, beli 2 aja"
abangnya : "nih" (ngasih amplopnya) (masih cengar cengir)
gue : "sama materai bang"
p : "dih, perangko"
gue : "ohya bang, perangko"
abangnya : "yang bener nih, perangko apa materai?" (masang tampang ngajak becanda lg)
gua : "........" "perangko bang"
abangnya : (ngambil perangko) trus nanya "berapa perangkonya?"
p : "dua"
gue : "lah kok dua? satu bang"
----pelantun alamat palsu muncul bawa kecrekan----
 dan ternyata si p belum beli perangko. yaudah akhirnya beli 2 perangko. dan kemunculan pelantun alamat palsu ternyata ngedukung p, dan gue........ skip
setelah selesai berurusan dengan abang yang bermimpi jadi personilnya OVJ namun ga kesampean ini, kita datengin si s yang terlihat lesu dan pucet mungkin laper mueheheh. nggak ding, ternyata dia sedih karna flashdisknya banyak virus jadi butuh waktu lama buat ngeprintnya
p : "kok lama sel?" (dengan suara berat bijaksana, dia nanyain ke s)
s : (raut wajah pengen nangis) "gatau nih, flashdisk gue banyak virus"
p : (ngomong ke gue) "mir, jangan jangan abang yang ini gabeda jauh sama yang di depan"
gue : "semoga aja sih ngga pit" (ngomong ke abangnya) "selesainya kapan bang?"
abang printer : (gue lupa dia jawab besok, atau minggu depan gitu) (sambil cengar cengir, tapi ga seceria yang didepan. mungkin lebih jaim, atau dia belajar dari bapaknya hritik rosan di kabhi kushi kabhi gham yang stay cool tapi jago joget. tapi bisa juga abang yang satu ini punya perpaduan guru yaitu si bapaknya hritik rosan sama sule. dan.....abrakadevrah! jadilah seperti dia)
gue : "......."
p: "dih, hahahahahahaha"
ternyata dugaan p bener. mungkin abang abang disini punya latar belakang yang sama, yaitu jadi pelawak namun apa daya tangan tak sampai -..- heheheh yasudahlahhh
p : "lama nih, kalo nanti kantor posnya tutup gimana?'
gue : "yah terpaksa ke yang di depok 2"
p : "sel, gimana kalo kita duluan? trus lo kita tinggalin sendiri, jadi nanti lo ngirim sendiri"
s : "ah, jahat banget sih"
gue : "iya sel, trus nanti kita balik lagi, ternyata lo baru selesai. dan kita langsung pulang karena ngakunya capek. trus ditengah perjuangan lo, gue lagi asik nonton ga eun, trus ditengah perjuangan lo, p lagi asik tidur"
p : (ketawa setan)
s : "jahat banget sih lo semua"
huaheheheh demen deh bikin orang panik.
akhirnya tugas s pun tercetak sudah di atas kertas. trus dia minta amplop ke gue. okedeh gue kaseh
trus kita jalan bareng, harap harap cemas takut kantor posnya udah tutup.
ternyata............masih buka. Alhamdulillah yah, sol sesuatu -_-
trus masuk deh. langsung aja gue membuka percakapan dengan ibu ibu yang jaga disitu.
gue : "maaf bu, kalau nempel perangko di pojok kanan atas kan ya?" (to the point tanpa malu malu, langsung menunjukan bahwa diantara kita gaada yang pernah ngirim surat lewat kantor pos sebelumnya)
ibu : "iya" (sambil nunjukin surat lain sbg contoh)
dengan pedenya dan ngucapin Bismillah gue tempel aja tu perangko tanpa liat atau ngecek lagi depan belakang
gue : "sel, cariin alamat sekolahan dong"
s : "nih, cari sendiri, gue masih nempelin perangko"
trus gue cari. dan dapet. trus gue ngecek lagi amplom gue. saat gue sadar........gue salah tempat nempelin perangko -___- dengan sangat terpaksa gue lepas lagi trus dipindahin ke tempat yang lebih layak. permukaan amplopnya ga mulus lagi deh hh. trus setelah berkelit dengan perangko, gua nanya lagi ke mas mas yang duduk di sebelah ibu ibu yang tadi
gue : "mas, nulis alamat dimana?"
mas masnya : "disini, kalo nama orang yang ditujunya disini" (sambil nunjuk ke amplop gue)
okelah gue dan kawan kawan langsung mulai nulis berjejer di.....*gatau apanamanya*. untung aja saat itu kantor pos sedang sepi pelanggan. trus pas mau dikasi ke ibu ibu yang tadi, tiba tiba ibu itu ngomong
"harusnya alamat disini, namanya disini" (sambil menunjukan tempat yang berlawanan dari mas mas yang tadi) wah, gue diboongin sama mas masnya, ehtapi bisa juga gue aja kali yang salah denger, waktu sadar kalo hari itu pendengaran gue sedikit ngaco -_- otomatis paniklah 3 anak awam ini.
"yah trus gimana dong? gapapa kan bu?" "yah bu, kaya gini bisa kekirim juga kan?"
suara saut sautan yang ga se berisik dikelas akhirnya reda dengan suara bijak keibuan yang terlontar dari ibi ibu yang tadi "gakpapa, yaudah lanjutin aja nulisnya. trus dikasih nama sekolahnya biar gampang" dengan perasaan lega. kita pun melanjutkan pekerjaan. setelah gak lebih dari 5 menit............
tadaaaaaaaaaaaa!!!!!!!!!!!


yeaaaaaaayyy selesai juga tugasnya -,- setelah surat diserahin..
ibu ibunya : "nih ya, suratnya sudah selesai" (sambil megang cap yang gagangnya lumayan panjang)
gue, p, s : "yeeeaaay" (kegirangan)
trus ibu ibu itu duduk lagi. dan kita masih berdiri di tempat kita nulis tadi.
gue : "jadi berapa bu?"
ibu ibunya : "berapa apanya? tadi udah dibayar kan?"
gue : "yang mana bu?"
ibu ibunya : " tadi yang beli perangko disini satu doang kan?"
(ohya, tadi lupa ngasih tau, kalo si s ga kedapetan perangko pas di tempat foto copyan, mangkanya dia beli di kantor pos langsung)
s : "iya bu, emangnya ngirim surat ga bayar?"
ibu ibunya : "ya ngga lah, kalo yg bayar tuh pake yang kilat khusus, biayanya 4500" (sambil ketawa)
kita bertiga : "...." (bingung, bengong, kaya sapi ompong)
dengan perasaan yang masih bingung, kita keluar dari kantor pos. trus diem dulu di pinggir jalan.ga berasa kaya abis ngirim surat -__-
 yaudah abis itu gue mengucapkan selamat tinggal pada dua temen gue yang cabi itu karna kebetulan rumah gue deket sama kantor posnya. bertaun taun tinggal disini, baru pertama kali ngirim surat sendiri. pengalaman juga sih hahaha, biar gak norak norak amat kalo ditanyain soal kantor pos wkwk. lagian sebelum kantor pos lenyap ditelan peradaban dunia, apalagi setelah adanya internet, gaada salahnya juga kalo sekali kali ngirim pesan lewat sini. tapi semoga juga kantor pos gabakal lenyap, malah makin berkembang. kasian yang kerja disana-,-
yaudalah, mohon maaf kalo ada salah salah kata, maklumlah, manusia biasa yang tak sempurna :D haha
selamat malam, sampai jumpa